Kurikulum

Menggunakan kurikulum berciri khas yang merupakan perpaduan antara Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Yayasan Khadijah dan Cambridge. Menggunakan sistem pembelajaran Sentra menggali dan mengoptimalkan potensi kecerdasan jamak (Multiple Intelegence) pada anak. Kurikulum Agama disusun khusus oleh YTPS NU Khadijah yang merupakan ciri khas sekolah dilingkungan Khadijah yang meliputi : Aqidah, Akhlaq, Al Qur’an dan Ibadah. Pembelajaran kegiatan¬† belajar dilakukan dengan menggunakan Metode Sentra & Moving class. Ada 9 sentra :

  1. Sentra Persiapan 1 : Memfasilitasi anak dalam memperluas pengalaman keaksaran serta aturan – aturan yang diperlukan dalam persiapan ketrampilan membaca, menulis, matematika (berhitung) melalui kegiatan bermain yang menyenangkan.
  2. Sentra Persiapan 2
  3. Sentra Bahan Alam : Memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman main sensorimotor, mengembangkan kematangan fine motor anak yang diperlukan dalam kesiapan menulis, keterampilan berolah tangan serta menstimulisasi sistem kerja otak anak dalam menggunakan alat dan bahan main dengan memanfaatkan limbah dan bahan alam.
  4. Sentra Imtaq : Membiasakan nilai-nilai kehidupan beragama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional sejak usia dini. Kegiatan keimanan dan ketaqwaan yang berupa pengembangan kemampuan dasar imtaq dan pembentukan akhalqul karimah yang diintegrasikan ke semua sentra lainnya.
  5. Sentra Musik : Memfasilitasi anak untuk menuangkan gagasannya melalui gerak dan lagu serta memperluas pengalaman dan pengetahuan anak berirama (ketukan) dan berbagai bunyi dengan bermain musik dan lagu menggunakan berbagai alat permainan musik.
  6. Sentra Balok : Memfasilitasi anak dalam mengembangkan kemampuan daya pikir, daya cipta dan keterampilan serta memperluas pengalaman dalam mewujudkan ide, gagasan, dan pengalaman yang dimilikinya menjadi karya nyata dalam bentuk kontruksi dan bangunan.
  7. Sentra Olah Tubuh :  Memfasilitasi anak dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak tujuan melatih kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan tubuh.
  8. Sentra Main Peran : Memfasilitasi anak untuk memberikan kesempatan dalam menciptakan kembali masa lalu dan memproyeksikan diri ke masa depan, mengembangkan keterampilan khayalan.
  9. Sentra Seni : Memfasilitasi anak dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitas anak untuk mewujudkan ide, gagasan, dan pengalaman yang dimiliki anak menjadi karya nyata.